Search This Blog

Thursday, January 12, 2012

Program, RPP dan Silabus Matematika Kelas 5 Sekolah Dasar


PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

MATA PELAJARAN      :     MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER    :     V (Lima) / 1 (satu)
Standar Kompetensi      :     1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah

BILANGAN
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
AW
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1.1  Melakukan operasi hitung bilangan bulat, termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan dan penaksiran
-  Menggunakan sifat komutatif (pertukaran), asosiatif (pengelompokan), dan distributive (penyebaran) untuk melakukan operasi bilangan bulat
-  Membulatkan hasil operasi hitung ke puluhan, dan ratusan terdekat
-  Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan
Operasi hitung bilangan bulat
14 JP




























1.2      Menggunakan faktor prima untuk menentukan KPK dan FPB
-  Menentukan PKP dan FPB dengan menggunakan faktor prima dan faktorisasi prima
-  Memecahkan masalah sehari-hari dengan menggunakan KPK dan FPB
Menentukan KPK dan FPB dengan faktor prima dan faktorisasi prima
10 JP




























1.3  Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat
-  Membaca dan menulis bilangan bulat dalam kata-kata dan angka
-  Melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bilat
-  Melakukan operasi perkalian bilangan bulat
-  Melakukan operasi pembagian bilangan bulat
-  Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat
-  Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan bilangan bulat 
Operasi hitung campuran bilangan bulat





























1.4  Menghitung perpangkatan dan akar sederhana
 - Menentukan hasil perpangkatan dua
-  Melakukan operasi hitung yang melibatkan bilangan berpangkat dua
-  Melakukan penarikan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat
-  Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan akar pangkat dua dan bilangan berpangkat dua
Bilangan pangkat dua dan akar pangkat dua





























1.5      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, KPK, dan FPB
-         Menyederhanakan pecahan biasa dengan menggunakan FPB
-  Menjumlahkan dua pecahan biasa yang penyebutnya tidak sama dengan menggunakan KPK
-  Menumlahkan dua pecahan campuran yang penyebutnya tidak sama dengan menggunakan KPK
-  Mengurangkan dua pecahan biasa yang penyebutnya tidak sama dengan menggunakan KPK
-  Mengurangkan dua pecahan campuran yang penyebutnya tidak sama dengan menggunakan KPK
operasi hitung, KPK, dan FPB





























Uji Kompetensi
2JP




























Remedial
2JP




























Pengayaan
2JP





























Mengetahui,
Kepala SDN 2 Sukakerta



DEDI ROHAEDI, S.Pd
NIP : 19540415 197502 1 002

....................., ............2011
Guru Kelas V



SUCI SETIAWATI, S.Pd.SD.
NIP : 19651110 198610  2 009


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                               :  SD Negeri 2 Sukakerta
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                  : V/ I
Pertemuan Ke                   : 1-5
Alokasi Waktu                   : 10  x 35 Menit


A.    Standar  Kompetensi      :          
1.  Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat dalam pemecahan masalah

B.     Kompetensi Dasar
1.2  Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran.

C.    Tujuan Pembelajaran**
Peserta didik dapat :
§  Menggunakan sifat komutatif, asosiatif dan distributif untuk melakukan perhitungan secara efisien
§  Membulatkan bilangan-bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat
§  Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan

v  Karakter siswa yang diharapkan :  
§  Rasa ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab , Menghargai Prestasi

D.    Materi Ajar
Sifat Operasi hitung bilangan bulat
§  Penggunaan sifat komutatif, Asosiatif, dan Distributif
§  Pembulatan bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat
§  Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan

E.     Metode Pembelajaran
Demonstrasi, Tanya Jawab, Deduktif, latihan, Ekspositori

F.     Langkah-langkah Pembelajaran           :
  Pertemuan ke 1-2
§  Kegiatan awal
-      Apresepsi/ Motivasi
-      Mengingatkan kembali tentang macam-macam  bilangan bulat yang telah dipelajari pada kelas sebelumnya
§  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan percobaan dengan menggunakan kancing berwarna-warni yang dapat membantu siswa memahami sifat-sifat operasi hitung yang dapat diambil dari kehidupan sehari-hari, misalnya : 5 kancing Merah + 4 Kancing Putih apakah sama dengan  4 kancing Putih + 5 Kancing Merah ? (sifat komutatif penjumlahan). Setelah selesai melakukan percobaan dan ditarik kesimpulan siswa di uji kemampuannya dengan mengerjakan soal latihan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian memberikan  pekerjaanrumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

  Pertemuan ke 3-5
§  Kegiatan awal
-      Apresepsi/ Motivasi
-      Mengingatkan kembali tentang cara membulatkan bilangan bulat yang telah dipelajari pada kelas sebelumnya
§  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menjelaskan cara membulatkan bilangan dan menaksir  dengan menggunakan garis bilangan.



 

                    1       2        3       4      5       6     7      8      9     10






 

                      dibulatkan ke bawah            dibulatkan ke atas
F Kemudian melakukan diskusi mengenai cara mennaksir hasil operasi hitung, setelah itu siswa diuji leterampilannya dalam, membulatkan dan menaksir hasil operasi hitung.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru memberikan kesimpulan mengenai materi yang telah dibahas bersama-sama kemudian memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

G.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
§  Matematika SD untuk Kelas V  5 B Esis
§  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 5
§  Kancing Baju
§  White board, papan tulis, spidol, kapur dan penghapus papan tulis

H.    Penilaian
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Rasa ingin tahu : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.
o  Mandiri : Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.
o  Kreatif: Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.
o  Kerja keras : Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas,serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
o  Disiplin : Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan
o  Demokratis : Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
o  Tanggung-jawab : Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan,terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.
o  Menghargai Prestasi : Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.
o  Menggunakan sifat komutatif, asosiatif dan distributif untuk melakukan perhitungan secara efisien
o  Membulatkan bilangan-bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat
o  Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan

Tugas IndVidu
dan Kelompok



Laporan buku pekerjaan rumah

o  50 + 17 = …….+…….
o  –12 X 5 = …….+……
o  12 + ( 14 + 70) = (….+….) + ….
o  10 X (-19 X 5)   = (….+…) + ….
o  –14 X (15 + 40) = (….X…,) + (….X….)
o  dst.


Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1









 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ...................., ................. 2011
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Kelas V




          DEDI ROHAEDI, S.Pd                                      SUCI SETIAWATI, S.Pd.SD.
 NIP : 19540415 197502 1 002                            NIP : 19651110 198610  2 009


 Selengkapnya hubungi mailkuagfa@gmail.com

No comments:

Post a Comment