PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER : V (Lima) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
BILANGAN
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | AW | Juli | Agustus | September | Oktober | Nopember | Desember | ||||||||||||||||||||||
3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||||
1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat, termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan dan penaksiran | - Menggunakan sifat komutatif (pertukaran), asosiatif (pengelompokan), dan distributive (penyebaran) untuk melakukan operasi bilangan bulat - Membulatkan hasil operasi hitung ke puluhan, dan ratusan terdekat - Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan | Operasi hitung bilangan bulat | 14 JP | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
1.2 Menggunakan faktor prima untuk menentukan KPK dan FPB | - Menentukan PKP dan FPB dengan menggunakan faktor prima dan faktorisasi prima - Memecahkan masalah sehari-hari dengan menggunakan KPK dan FPB | Menentukan KPK dan FPB dengan faktor prima dan faktorisasi prima | 10 JP | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
1.3 Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat | - Membaca dan menulis bilangan bulat dalam kata-kata dan angka - Melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bilat - Melakukan operasi perkalian bilangan bulat - Melakukan operasi pembagian bilangan bulat - Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat - Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan bilangan bulat | Operasi hitung campuran bilangan bulat | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
1.4 Menghitung perpangkatan dan akar sederhana | - Menentukan hasil perpangkatan dua - Melakukan operasi hitung yang melibatkan bilangan berpangkat dua - Melakukan penarikan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat - Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan akar pangkat dua dan bilangan berpangkat dua | Bilangan pangkat dua dan akar pangkat dua | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
1.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, KPK, dan FPB | - Menyederhanakan pecahan biasa dengan menggunakan FPB - Menjumlahkan dua pecahan biasa yang penyebutnya tidak sama dengan menggunakan KPK - Menumlahkan dua pecahan campuran yang penyebutnya tidak sama dengan menggunakan KPK - Mengurangkan dua pecahan biasa yang penyebutnya tidak sama dengan menggunakan KPK - Mengurangkan dua pecahan campuran yang penyebutnya tidak sama dengan menggunakan KPK | operasi hitung, KPK, dan FPB | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Uji Kompetensi | 2JP | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | ||
Remedial | 2JP | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | ||
Pengayaan | 2JP | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Mengetahui, Kepala SDN 2 Sukakerta DEDI ROHAEDI, S.Pd NIP : 19540415 197502 1 002 | | ....................., ............2011 Guru Kelas V SUCI SETIAWATI, S.Pd.SD. NIP : 19651110 198610 2 009 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD Negeri 2 Sukakerta
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/ I
Pertemuan Ke : 1-5
Alokasi Waktu : 10 x 35 Menit
A. Standar Kompetensi :
1. Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat dalam pemecahan masalah
B. Kompetensi Dasar
1.2 Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran.
C. Tujuan Pembelajaran**
Peserta didik dapat :
§ Menggunakan sifat komutatif, asosiatif dan distributif untuk melakukan perhitungan secara efisien
§ Membulatkan bilangan-bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat
§ Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan
v Karakter siswa yang diharapkan :
§ Rasa ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab , Menghargai Prestasi
D. Materi Ajar
Sifat Operasi hitung bilangan bulat
§ Penggunaan sifat komutatif, Asosiatif, dan Distributif
§ Pembulatan bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat
§ Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan
E. Metode Pembelajaran
Demonstrasi, Tanya Jawab, Deduktif, latihan, Ekspositori
F. Langkah-langkah Pembelajaran :
Pertemuan ke 1-2
§ Kegiatan awal
- Apresepsi/ Motivasi
- Mengingatkan kembali tentang macam-macam bilangan bulat yang telah dipelajari pada kelas sebelumnya
§ Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan percobaan dengan menggunakan kancing berwarna-warni yang dapat membantu siswa memahami sifat-sifat operasi hitung yang dapat diambil dari kehidupan sehari-hari, misalnya : 5 kancing Merah + 4 Kancing Putih apakah sama dengan 4 kancing Putih + 5 Kancing Merah ? (sifat komutatif penjumlahan). Setelah selesai melakukan percobaan dan ditarik kesimpulan siswa di uji kemampuannya dengan mengerjakan soal latihan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian memberikan pekerjaanrumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
Pertemuan ke 3-5
§ Kegiatan awal
- Apresepsi/ Motivasi
- Mengingatkan kembali tentang cara membulatkan bilangan bulat yang telah dipelajari pada kelas sebelumnya
§ Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menjelaskan cara membulatkan bilangan dan menaksir dengan menggunakan garis bilangan.
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
dibulatkan ke bawah dibulatkan ke atas
F Kemudian melakukan diskusi mengenai cara mennaksir hasil operasi hitung, setelah itu siswa diuji leterampilannya dalam, membulatkan dan menaksir hasil operasi hitung.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru memberikan kesimpulan mengenai materi yang telah dibahas bersama-sama kemudian memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
G. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§ Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
§ Matematika SD untuk Kelas V 5 B Esis
§ Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 5
§ Kancing Baju
§ White board, papan tulis, spidol, kapur dan penghapus papan tulis
H. Penilaian
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
o Rasa ingin tahu : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar. o Mandiri : Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas. o Kreatif: Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki. o Kerja keras : Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas,serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya. o Disiplin : Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan o Demokratis : Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain. o Tanggung-jawab : Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan,terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa. o Menghargai Prestasi : Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain. | o Menggunakan sifat komutatif, asosiatif dan distributif untuk melakukan perhitungan secara efisien o Membulatkan bilangan-bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat o Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan | Tugas IndVidu dan Kelompok | Laporan buku pekerjaan rumah | o 50 + 17 = …….+……. o –12 X 5 = …….+…… o 12 + ( 14 + 70) = (….+….) + …. o 10 X (-19 X 5) = (….+…) + …. o –14 X (15 + 40) = (….X…,) + (….X….) o dst. |
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Pengetahuan Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 |
Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Pengetahuan | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
...................., ................. 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas V
DEDI ROHAEDI, S.Pd SUCI SETIAWATI, S.Pd.SD.
NIP : 19540415 197502 1 002 NIP : 19651110 198610 2 009
Selengkapnya hubungi mailkuagfa@gmail.com
No comments:
Post a Comment