Nama Sekolah : SDN.................
Bidang studi : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kesehatan
Kelas : I
Semester/ tahun : II / 20..-20..
Standart Kompetensi :
6. Mempraktikkan gerak dasar ke
dalam aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pokok dan Uraian Materi
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
KewirauSahaan/
Ekonomi Kreatif
|
Gagasan Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||||
6.1 Mempraktik-kan gerak dasar jalan, lari dan
lompat ke berbagai arah dengan berbagai pola dalam permainan sederhana, serta
nilai kerjasama, kejujuran, tanggung jawab dan toleransi
|
Jalan, lari dan lompat
|
o Disiplin
o Kerja keras
o Kreatif
o Demokratif
o Rasa Ingin tahu
o Cinta tanah air
o Bersahabat
o Menghargai
prestasi
o Gemar membaca
o Peduli lingkungan
o Peduli sosial
o Tanggung jawab
|
o Berorientasi tugas
dan hasil
o Berani mengambil
resiko
· Percaya diri
· Keorisinilan
· Berorientasi ke
masa depan
|
Siswa dapat melakukan gerak dasar aktifitas jasmani
Siswa dapat melakukan gerak dasar jalan, lari dan lompat
|
Mengerti konsep arah : kanan,kiri, depan dan belakang
Melakukan gerakan jalan cepat
Melakukan jalan sambil jongkok
Melakukan lari cepat dengan control yang baik
Melakukan lari dengan berbelok belok
Melakukan gerakan melompat dan meloncat di tempat dan berpindah arah
Melakukan lompat kelinci
|
Non Tes
|
Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek
|
Jelaskanlah konsep arah : kanan,kiri, depan dan belakang
Praktekkanlah gerakan jalan cepat
Praktekkanlah jalan sambil jongkok
Praktekkanlah lari cepat dengan control yang baik
Praktekkanlah lari dengan berbelok belok
Praktekkanlah gerakan melompat dan meloncat di tempat dan berpindah arah
Praktekkanlah lompat
kelinci
|
2 x 35 Menit
|
Buku Penjaskes kls. 1,
Pluit
|
6.2 Mempraktik-kan gerak dasar memutar,
mengayun, menekuk dalam permainan sederhana, dan nilai kerjasama, toleransi,
kejujuran dan tanggung jawab
|
Gerak dasar memutar, mengayun dan menekuk
|
· Disiplin
· Kerja keras
· Kreatif
· Demokratif
· Rasa Ingin tahu
· Cinta tanah air
· Bersahabat
· Menghargai
prestasi
· Gemar membaca
· Peduli lingkungan
· Peduli sosial
· Tanggung jawab
|
· Berorientasi tugas
dan hasil
· Berani mengambil
resiko
· Percaya diri
· Keorisinilan
· Berorientasi ke
masa depan
|
Melakukan gerakan menekuk lutut sambil berjalan
Melakukan menarik lutut ke
belakang, dan ke depan
Melakukan gerakan melompat ke
depan dengan menekuk lutut
Melakukan menarik lutut ke samping
Melakukan gerakan memutar badan
dengan variasi melompat
Melakukan gerakan memutar pinggang dengan simpai
Melakukan gerakan mengayun lengan ke berbagai arah ke depan , belakang
dan samping
|
Melakukan gerakan menekuk lutut sambil berjalan
Melakukan gerakan melompat ke depan dengan menekuk lutut
Melakukan gerakan memutar badan dengan variasi melompat
Melakukan gerakan memutar pinggang
dengan simpai
Melakukan gerakan mengayun lengan ke berbagai arah
|
Non Tes
|
Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek
|
Praktekkanlah gerakan
menekuk lutut sambil berjalan
Praktekkanlah gerakan
melompat ke depan dengan menekuk lutut
Praktekkanlah gerakan memutar badan dengan variasi melompat
Praktekkanlah gerakan memutar
pinggang dengan simpai
Praktekkanlah gerakan mengayun lengan ke berbagai arah
|
2 x 35 Menit
|
Buku Penjaskes kls. 1,
Pluit
Matras
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah
|
: SDN .........................
|
Mata
Pelajaran
|
: Pendidikan Jasmani Olahraga dan
Kesehatan
|
Kelas/Semester
|
: 1 [ satu ] / 2 [ dua ]
|
Pertemuan ke
|
: 1 [ satu ] dan 2 [ dua ]
|
Alokasi
Waktu
|
: 4 x 35 menit
|
Standar Kompetensi:
6.
Mempraktikkan gerak dasar ke dalam aktivitas jasmani dan nilai yang
terkandung di B dalamnya
|
||||||||||||||
Kompetensi Dasar:
6.1 Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan
lompat ke berbagai arah dengan berbagai pola dalam permainan sederhana, serta
nilai kerjasama, kejujuran, tanggung jawab dan toleransi
|
||||||||||||||
I. Tujuan Pembelajaran**:
·
Siswa dapat melakukan gerak dasar aktifitas
jasmani
·
Siswa dapat melakukan gerak dasar jalan,
lari dan lompat.
|
||||||||||||||
v Karakter siswa yang
diharapkan :
v Disiplin, Kerja keras, Kreatif,
Demokratif , Rasa Ingin tahu, Cinta tanah air, Bersahabat, Menghargai
prestasi, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli
sosial, Tanggung jawab
|
||||||||||||||
II. Materi Ajar (Materi Pokok):
·
Jalan,
lari dan lompat
|
||||||||||||||
III. Metode
Pembelajaran:
·
Ceramah
·
Demonstrasi
·
Praktek
|
||||||||||||||
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
|
:
|
|||||||||||||
A. Kegiatan Awal:
Apresepsi/ Motivasi
F
Siswa dibariskan
menjadi empat barisan
F
Mengecek kehadiran siswa
F
Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
F
Melakukan gerakan pemanasan
yang berorientasi pada kegiatan inti
F
Mendemonstrasikan materi inti
yang akan dilakukan/dipelajari
|
||||||||||||||
B. Kegiatan Inti:
Pertemuan
I dan II
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
melakukan gerak dasar aktifitas jasmani
F
Siswa dapat melakukan gerak dasar jalan,
lari dan lompat
F
melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Mengerti konsep arah : kanan,kiri, depan
dan belakang
F
Melakukan hadap kiri, hadap kanan dan balik
kanan
F
Melakukan gerakan jalan cepat
F
Melakukan jalan sambil jongkok
F
Melakukan lari cepat dengan control yang
baik
F
Melakukan lari dengan berbelok belok dalam
bentuk lomba
F
Melakukan gerakan melompat dan meloncat di
tempat dan berpindah arah
F Melakukan
lompat kelinci dalam
bentuk lomba
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
||||||||||||||
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F
Siswa di kumpulkan
mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/
diajarkan
F
Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan yang di lakukan
|
||||||||||||||
V. Alat dan Sumber Belajar:
·
Buku Penjaskes
·
Diktat permainan
·
Lapangan
·
Tiang hinggap
·
Stop watch
·
Pluit
·
Kapur
|
||||||||||||||
VI. Penilaian:
Penilaian dilaksanakan selama
proses dan sesudah pembelajaran
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala
SDN ......................
.....................................
PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012
MATA PELAJARAN : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
KELAS / SEMESTER : I (Satu) / 2 (dua)
Standar Kompetensi : 6. Mempraktikkan gerak dasar kedalam aktivitas jasmani dan nilai yang
terkandung didalamnya
|
|
..........................................., 2012
Guru Mata Pelajaran
.....................................
NIP : |
No comments:
Post a Comment