Search This Blog

Monday, January 16, 2012

Silabus, RPP dan Program Penjaskes SD




SILABUS PEMBELAJARAN



Nama Sekolah                       :  SDN.................
Bidang studi                          :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kesehatan
Kelas                                       :  I
Semester/ tahun                    :   II / 20..-20..
Standart Kompetensi           :   6.  Mempraktikkan gerak dasar ke dalam aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
KewirauSahaan/
Ekonomi Kreatif
Gagasan Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
6.1  Mempraktik-kan gerak dasar jalan, lari dan lompat ke berbagai arah dengan berbagai pola dalam permainan sederhana, serta nilai kerjasama, kejujuran, tanggung jawab dan toleransi
Jalan, lari dan lompat
o  Disiplin
o  Kerja keras
o  Kreatif
o  Demokratif
o  Rasa Ingin tahu
o  Cinta tanah air
o  Bersahabat
o  Menghargai prestasi
o  Gemar membaca
o  Peduli lingkungan
o  Peduli sosial
o  Tanggung jawab
o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Berani mengambil resiko
·     Percaya diri
·     Keorisinilan
·     Berorientasi ke masa depan

Siswa dapat melakukan gerak dasar aktifitas jasmani
Siswa dapat melakukan gerak dasar jalan, lari dan lompat
Mengerti konsep arah : kanan,kiri, depan dan belakang
Melakukan gerakan jalan cepat
Melakukan jalan sambil jongkok
Melakukan lari cepat dengan control yang baik
Melakukan lari dengan berbelok belok
Melakukan gerakan melompat dan meloncat di tempat dan berpindah arah
Melakukan lompat kelinci
Non Tes


Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek

Jelaskanlah konsep arah : kanan,kiri, depan dan belakang
Praktekkanlah gerakan jalan cepat
Praktekkanlah jalan sambil jongkok
Praktekkanlah lari cepat dengan control yang baik
Praktekkanlah lari dengan berbelok belok
Praktekkanlah gerakan melompat dan meloncat di tempat dan berpindah arah
Praktekkanlah lompat kelinci
2  x 35 Menit
Buku Penjaskes kls. 1,
Pluit

6.2  Mempraktik-kan gerak dasar memutar, mengayun, menekuk dalam permainan sederhana, dan nilai kerjasama, toleransi, kejujuran dan tanggung jawab

Gerak dasar memutar, mengayun dan menekuk
·     Disiplin
·     Kerja keras
·     Kreatif
·     Demokratif
·     Rasa Ingin tahu
·     Cinta tanah air
·     Bersahabat
·     Menghargai prestasi
·     Gemar membaca
·     Peduli lingkungan
·     Peduli sosial
·     Tanggung jawab
·     Berorientasi tugas dan hasil
·     Berani mengambil resiko
·     Percaya diri
·     Keorisinilan
·     Berorientasi ke masa depan

Melakukan gerakan menekuk lutut sambil berjalan
 Melakukan menarik lutut ke belakang, dan ke  depan
 Melakukan gerakan melompat ke depan dengan menekuk lutut
 Melakukan menarik lutut ke samping
 Melakukan gerakan memutar badan dengan variasi melompat
 Melakukan gerakan memutar  pinggang dengan simpai
Melakukan gerakan mengayun lengan ke berbagai arah ke depan , belakang dan samping
Melakukan gerakan menekuk lutut sambil berjalan
Melakukan gerakan melompat ke depan dengan menekuk lutut
Melakukan gerakan memutar badan dengan variasi melompat
Melakukan gerakan memutar  pinggang dengan simpai
Melakukan gerakan mengayun lengan ke berbagai arah
Non Tes


Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek

Praktekkanlah gerakan menekuk lutut sambil berjalan
Praktekkanlah gerakan melompat ke depan dengan menekuk lutut
Praktekkanlah gerakan memutar badan dengan variasi melompat
Praktekkanlah gerakan memutar  pinggang dengan simpai
Praktekkanlah gerakan mengayun lengan ke berbagai arah
2  x 35 Menit
Buku Penjaskes kls. 1,
Pluit
Matras



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah
:  SDN .........................
Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
:   1 [ satu ] / 2 [ dua ]           
Pertemuan ke
:   1 [ satu ] dan 2 [ dua ]
Alokasi Waktu
:   4 x 35 menit


Standar Kompetensi:
 6.  Mempraktikkan gerak dasar ke dalam aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di B  dalamnya     
Kompetensi Dasar:
6.1  Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat ke berbagai arah dengan berbagai pola dalam permainan sederhana, serta nilai kerjasama, kejujuran, tanggung jawab dan toleransi

I.    Tujuan Pembelajaran**:
·         Siswa dapat melakukan gerak dasar aktifitas jasmani
·         Siswa dapat melakukan gerak dasar jalan, lari dan lompat.

v  Karakter siswa yang diharapkan :
v  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu, Cinta tanah air, Bersahabat, Menghargai prestasi, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial,  Tanggung jawab

II.        Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Jalan, lari dan lompat
III.      Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek


IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A.        Kegiatan Awal:
Apresepsi/ Motivasi
F Siswa dibariskan menjadi empat barisan
F Mengecek kehadiran siswa
F Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
F Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
F Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
B. Kegiatan Inti:
Pertemuan I dan II
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat melakukan gerak dasar aktifitas jasmani
F Siswa dapat melakukan gerak dasar jalan, lari dan lompat
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengerti konsep arah : kanan,kiri, depan dan belakang
F Melakukan hadap kiri, hadap kanan dan balik kanan
F Melakukan gerakan jalan cepat
F Melakukan jalan sambil jongkok
F Melakukan lari cepat dengan control yang baik
F Melakukan lari dengan berbelok belok dalam bentuk lomba
F Melakukan gerakan melompat dan meloncat di tempat dan berpindah arah
F Melakukan lompat kelinci dalam bentuk lomba
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
C.        Kegiatan Akhir / Penenangan
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
F Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan yang di lakukan

V. Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes
·         Diktat permainan
·         Lapangan
·         Tiang hinggap
·         Stop watch
·         Pluit
·         Kapur
VI. Penilaian:
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
·        Disiplin,
·        Kerja keras
·        Kreatif,
·        Demokratif
·         Rasa Ingin tahu,
·        Cinta tanah air,
·        Bersahabat,
·        Menghargai prestasi,
·        Gemar membaca,
·        Peduli lingkungan,
·        Peduli sosial,
·        Tanggung jawab
·         Mengerti konsep arah : kanan,kiri, depan dan belakang
·         Melakukan gerakan jalan cepat
·         Melakukan jalan sambil jongkok
·         Melakukan lari cepat dengan control yang baik
·         Melakukan lari dengan berbelok belok
·         Melakukan gerakan melompat dan meloncat di tempat dan berpindah arah
·         Melakukan lompat kelinci
Non Tes


Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek

·         Jelaskanlah konsep arah : kanan,kiri, depan dan belakang
·         Praktekkanlah gerakan jalan cepat
·         Praktekkanlah jalan sambil jongkok
·         Praktekkanlah lari cepat dengan control yang baik
·         Praktekkanlah lari dengan berbelok belok
·         Praktekkanlah gerakan melompat dan meloncat di tempat dan berpindah arah
·         Praktekkanlah lompat kelinci

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








Mengetahui,
Kepala SDN ......................



.....................................
PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012

MATA PELAJARAN      :     Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
KELAS / SEMESTER    :     I (Satu) / 2 (dua)
Standar Kompetensi      :     6. Mempraktikkan gerak dasar kedalam aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung didalamnya

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
AW
Januari
Pebruari
Maret
April
Mei
Juni
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
6.1 Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat ke berbagai arah dengan berbagai pola dalam permainan sederhana, serta nilai kerjasama, kejujuran, tanggung jawab dan toleransi
-   Berjalan ke berbagai arah dalam kecepatan yang berbeda
-   Berlari ke berbagai arah dalam kecepatan yang berbeda
-   Melakukan meloncat dan melompat
Konsep arah
8 JP




























6.2 Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun, menekuk dalam permainan sederhana, dan nilai kerjasama, toleransi,  kejujuran dan tanggung jawab
-   Melakukan gerakan menekuk
-   Melakukan gerakan meliukkan badan
Gerakan dasar non lokomotif
2 JP




























6.3 Mempraktikkan gerak dasar menangkap obyek berbagai ukuran dalam permainan sederhana , dan kerjasama, toleransi, kejujuran dan tanggung jawab
-  Melempar/ melambungkan bola ke berbagai arah
-  menangkap bola dari berbagai arah

Gerak dasar manipulasi
4 JP




























Uji Kompetensi
2 JP




























Remedial
2 JP




























Pengayaan
2 JP





























              
Mengetahui,
Kepala SDN ...........................



.............................
NIP : .....................................

..........................................., 2012
Guru Mata Pelajaran



.....................................
NIP : 19721227 200901 2 001


..........................................., 2012
Guru Mata Pelajaran



.....................................
       NIP :

No comments:

Post a Comment