Search This Blog

Tuesday, January 24, 2012

RPP Tematik Kelas 1 SD/MI


Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  Tematik
 

Nama Sekolah     :  SDN .............................
Tema                    :  Budi Pekerti 
Kelas/Semester    :  I / 2
Alokasi Waktu     : 3 minggu

Standar Kompetensi :
1.  PKn                              :     Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah.
2.  IPS                               :     Mendeskripsikan lingkungan rumah.
3.  IPA/ Sains                    :     Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam ( cuaca dan musim ) serta  pengaruhnya                                          terhadap kegiatan manusia.
4.  Matematika                  :     Mengenal bangun datar sederhana.
5.  Bahasa Indonesia         :
·         Mendengarkan  :  Memahami wacana lisan tentang benda-benda di sekitar dan dongeng.
·         Berbicara            :  Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi  secara lisan dengan gambar, percakapan  sederhana dan  dongeng.
·         Membaca             :   Memahami  teks pendek dengan membaca lancar  dan  membaca puisi anak.
·         Menulis               :   Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung  melalui dikte dan menyalin.
6.   Seni Budaya dan Kerajinan  : Mengekspresikan diri melalui karya  seni tari.           

Kompetensi Dasar  :
            1. IPS  :
·         Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
2. IPA :
·         Membedakan pengaruh musim kemarau dengan musim hujan pada kegiatan manusia.
3.  PKN :
·         Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat
4.  Matematika :
·         Mengenal segitiga, segi empat, dan lingkaran.
·         Mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya.
5.  Bahasa Indonesia :
Mendengarkan
·          Menyebutkan isi    dongeng
Berbicara
·         Menceritakan isi   gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti.
·         Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.
·         Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan alas an sederhana.
·         Memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai dengan ekspresi  yang tepat.
Membaca
·         Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan  intonasi yang tepat.
Menulis
·         Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
6.Seni Budaya dan Keterampilan :
·         Mengidentifikasi unsur rupa pada benda alam sekitar.
·         Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting / menyobek.

I.    Tujuan Pembelajaran**  :
                        Siswa dapat  :
·         Menjelaskan manfaat menjaga kebersihan rumah
·         Menyebutkan akibat dari tidak menjaga kebersihan.
·         Menceritakan pakaian yang sesuai pada musim panas dan musim hujan.
·         Menyebutkan jenis makanan yang banyak dikonsumsi pada saat musim hujan maupun musim kemarau.
·         Membandingkan cirri-ciri musim kemarau dan musim hujan pada lahan dan kegiatan manusia.
·         Menyebutkan kegiatan yang dapat mengatasi masalah pada musim hujan dan musim kemarau..
·         Menyebutkan manfaat mentaati peraturan yang berlaku di masyarakat
·         Menjelaskan akibat tidak patuh  pada peraturan di lingkungan masyarakat.
·         Menunjukkan benda-benda yang secara geometris berbentuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
·         Menyebutkan cirri-ciri segitiga, segiempat, dan lingkaran ditinjau dari banyak sisinya.
·         Menjiplak berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran.
·         Mengelompokkan berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran, menurut bentuk, permukaan, warna, atau cirri lainnya.
·         Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru dengan penuh perhatian.
·         Menyebutkan tokoh dalam dongeng
·         Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
·         Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng.
·         Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri.
·         Membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
·         Bertanya jawab dengan teman tentang gambar –gambar tersebut.
·         Melakukan percakapan/dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan teman dengan bimbingan guru.
·         Mengungkapkan dalam satu atau dua kalimat perasaan suka atau tidak suka pada benda atau  suatu kegiatan.
·         Memberikan alas an mengapa suatu benda atau kegiatan disukai atau tidak disukai.
·         Bermain peran dengan percaya diri sesuai tokoh yang dibawakannya.
·         Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·         Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
·         Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
·          Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·         Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·         Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·         Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
·         Menunjukkan kesesuaian gerak antar sesama penari dengan iringan musik.
·         Melakukan gerakan tari dengan iringan tepukan / hitungan
·         Melakukan gerakan tari dengan musik/nyanyian.
·         Melakukan tarian pendek secara perorangan.
·         Memperagakan tarian pendek secara kelompok.

v  Karakter siswa yang diharapkan :
v  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu, Cinta tanah air, Bersahabat, Menghargai prestasi, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial,  Tanggung jawab.

II. Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :
·         Aturan yang berlaku di masyarakat
·         Menjaga kebersihan rumah.
·         Pengaruh musim pada kegiatan manusia.
·         Mengenal bangun datar.
·         Memerankan tokoh dongeng
·         Membuat kalimat berdasarkan gambar.
·         Percakapan.
·         Menyatakan suka atau tidak suka disertai alasan.
·         Membaca lancar
·         Menulis huruf tegak bersambung.
·         Unsur gerak tari.
·         Keragaman unsur gerak tari.


III. Metoda Pembelajaran :
·         Ceramah
·         Diskusi.
·         Tanya jawab.
·         Demontrasi.
·         Pemberian tugas.

IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A.  Kegiatan awal :
Apresepsi/ Motivasi :
·         Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·         Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·         Mengumpulkan tugas/ PR

B. Kegiatan inti   :
      Minggu ke 1
      Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan gambar yang menunjukkan musim hujan dan musim kemarau.
F Menyimak penjelasan guru tentang pengaruh musim bagi kehidupan manusia.
F Menjelaskan pengaruh musim pada kehidupan manusia.
F Memperhatikan model / gambar macam-macam pakaian yang biasa digunakan pada musim hujan dan musim kemarau.
F Menunjukkan jenis-jenis pakaian yang sesuai pada musim hujan dan musim kemarau.
F Melalui cerita dan pengalaman siswa menceritakan tentang salah satu  peraturan yang berlaku di rumahnya masing-masing.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menceritakan perasaannya ketika menjalankan peraturan tersebut.
F Menuliskan contoh-contoh peraturan di masyarakat yang harus ditaati oleh warga.
F Mengamati model  yang termasuk bangun datar.
F Mengenalkan bangun datar segitiga dan bukan segitiga.
F Mengelompokkan model yang termasuk segi tiga dan bukan segitiga.
F Menjiplak bangun datar segitiga pada buku yang telah disediakan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan



      Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak dongeng yang bertemakan sopan santun.
F Menyebutkan tokoh dalam dongeng.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengelompokkan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
F Memperagakan tingkah laku tokoh dalam dongeng yang disukai.
F Melalui pengalaman  dan pengamatan, siswa menjelaskan manfaat menjaga kebersihan rumah.
F Menyebutkan bagian –bagian dalam  rumah yang harus sering dibersihkan.
F Menyebutkan alat yang digunakan dalam menjaga kebersihan ruangan di dalam rumah.
F Mengamati gambar –gambar yang termasuk bangun datar.
F Mengenalkan bangun datar segiempat dan bukan segi empat.
F Menunjukkan bangun datar segiempat dan bukan segiempat.
F Menjiplak bangun datar segiempat pada buku yang telah disediakan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Peretemuan ke tiga  3 x 35 menit ( IPA, Bahasa Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F dikonsumsi pada musim hujan.
F Menceritakan rasa makanan tersebut bila dikonsumsi pada musim yang berbeda.
F Menuliskan contoh-contoh makanan yang baik dikonsumsi pada saat musim hujan.
F Mendengarkan dongeng untuk mengingatkan kembali  tokoh dan jalan ceritanya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui tanya jawab, siswa menyebutkan contoh-contoh makanan yang banyak
F Melakukan tanya jawab tentang isi cerita dalam dongeng.
F Menceritakan isi  dongeng dengan bahasa sendiri.
F Mengamati gambar –gambar yang temasuk bangun datar lingkaran.
F Mengenalkan bangun datar lingkran dan bukan lingkaran.
F Menunjukkan bangun datar lingkaran dan bukan lingkaran.
F Membuat/menjiplak dari gambar lingkaran pada buku.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke empat  3 x 35 menit.  (B. Sunda, B Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui contoh yang disampaikan guru, siswa meniru mengucapkan kalimat permohonan ijin. ( Bu, permios bade ka jamban, dll)
F Mengucapkan kalimat permohonan ijin secara klasikal, kelompok dan individual.
F Menceritakan dengan  kalimat sendiri.
F Mengamati gambar –gambar yang temasuk bangun datar
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memeragakan pengucapan  kalimat permohonan ijin di depan kelas.
F Mendengarkan kembali isi dongeng untuk mengingatkan kembali.
F Melakukan tanya jawab tentang isi dongeng tersebut.
F Mengelompokkan bangun datar tersebut berdasarkan bentuknya. ( Segitiga, segiempat, dan lingkaran )
F Mewarnai tiap kelompok bangun datar dengan warna yang berbeda.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke lima  3 x 35 menit ( B.Sunda, Matematika, B.Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui contoh yang disampaikan guru, siswa meniru mengucapkan kalimat permohonan ijin. ( Pa, permios wangsul ti payun abdi rieut, dll)
F Mengamati gambar  yang diperlihatkan guru.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengucapkan kalimat permohonan ijin secara klasikal, kelompok dan individual.
F Mengucapkan kalimat permohonan ijin dengan lafal dan intonasi yang tepat.
F Memeragakan pengucapan  kalimat permohonan ijin di depan kelas
F Membuat gambar  bangun datar  yang termasuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
F Mencari contoh-contoh benda yang permukaannya termasuk bangun datar segitiga, segiempat, dan lingkaran yang ada di lingkungan siswa
F Menyebutkan ciri-ciri yang khusus pada bangun datar segitiga, segi empat dan lingkaran.
F Membuat kalimat sederhana  yang tepat untuk setiap gambar.
F Mengucapkan kalimat dengan intonasi dan lafal yang baik.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke enam  4 x 35 menit  (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa  Indonesia,
      IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan cara melakukan percakapan yang benar dengan  memperhatikan       teks percakapan sederhana.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan gerakan tari sesuai dengan gerak yang telah ditentukan.
F Melakukan gerakan tari yang sesuai antar gerakan dan sesama penari lainnya.
F Menari sesuai dengan tepuk dan irama.
F Berlatih melafalkan teks percakapan dengan teman sebangku dengan bimbingan guru.
F Mengucapkan kalimat percakapan dengan suara nyaring secara klasikal.
F Melakukan pembagian peran untuk memeragakan percakapan tersebut.
F Melakukan percakapan di depan kelas dengan teman.
F Menjawab pertanyaan tentang isi dari percakapan yang telah dilakukan.
F Memberikan tanggapan positif bagi siswa yang melakukan percakapan dengan baik.
F Melalui pengalaman  dan pengamatan, siswa menjelaskan manfaat menjaga kebersihan rumah.
F Menyebutkan bagian –bagian dalam  rumah yang harus sering dibersihkan.
F Menyebutkan alat yang digunakan dalam menjaga kebersihan ruangan di dalam rumah.
F Menggambar peralatan kebersihan, dengan cara menghubungkan titik-titik yang tertera pada lembar tugas.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Minggu ke 2
      Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru, siswa menyebutkan ciri-ciri musim hujan dan ciri-ciri musim kemarau.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui diskusi sederhana siswa membandingkan ciri-ciri musim hujan dan musim kemarau terhadap lingkungan hidup manusia.
F Mengerjakan Lembar Kerja Siswa secar kelompok.
F Melaporkan hasil diskusi.
F Melalui diskusi sederhana siswa menjelaskan manfaat melaksanakan/ patuh pada peraturan yang berlaku.
F Menyebutkan Manfaat patuh terhadap peraturan di rumah.
F Menyebutkan manfaat patuh terhadap peraturan di lingkungan masyarakat.
F Mencatat beberapa manfaat dari mematuhi peraturan.
F Membuat gambar  bangun datar  yang termasuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
F Mencari contoh-contoh benda yang permukaannya termasuk bangun datar segitiga, segiempat, dan lingkaran yang ada di lingkungan siswa
F Menyebutkan ciri-ciri yang khusus p[ada bangundatar segitiga, segi empat dan lingkaran.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan cara melakukan percakapan yang benar dengan  memperhatikan       teks percakapan sederhana.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Berlatih melafalkan teks percakapan dengan teman sebangku dengan bimbingan guru.
F Mengucapkan kalimat percakapan dengan suara nyaring secara klasikal.
F Melakukan pembagian peran untuk memeragakan percakapan tersebut.
F Melakukan percakapan di depan kelas dengan teman.
F Menjawab pertanyaan tentang isi dari percakapan yang telah dilakukan.
F Memberikan tanggapan positif bagi siswa yang melakukan percakapan dengan baik.
F Melalui pengalaman  dan pengamatan, siswa menjelaskan manfaat menjaga kebersihan di dalam  rumah dan halaman rumah.
F Menyebutkan bagian –bagian luar   rumah yang harus sering dibersihkan.
F Menyebutkan alat yang digunakan dalam menjaga kebersihan luar rumah ( halaman)
F Membuat gambar  bangun datar  yang termasuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
F Mencari contoh-contoh benda yang permukaannya termasuk bangun datar segitiga, segiempat, dan lingkaran yang ada di lingkungan siswa
F Menyebutkan ciri-ciri yang khusus pada bangundatar segitiga, segi empat dan lingkaran.
F Menyebutkan jumlah sisi pada bangun datar segitiga, segiempat dan lingkaran.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke tiga  3 x 35 menit ( IPA, Bahasa Indonesia, Matematika  )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui pengamatan pada model siswa menyebutkan kegiatan manusia pada musim kemarau dan musim hujan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membandingkan kegiatan tersebut anatara kegiatan pada musim hujan maupun pkegiatan pada musim kemarau.
F Menuliskan kegiatan siswa pada musim hujan dan kemarau.
F Melalui cerita guru, siswa termotivasi untuk menceritakan benda/ kegiatan yang disukai.
F Menyampaikan secara lisan alasan benda tersebut disukai.
F Bertanya jawab tentang kesukaan  yang diminati siswa.
F Menuliskan tentang kesukaan yang diminati siswa.
F Menyatakan kalimat suka atau tidak suka pada suatu kegiatan atau benda.
F Membuat gambar  bangun datar  yang termasuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
F Mencari contoh-contoh benda yang permukaannya termasuk bangun datar segitiga, segiempat, dan lingkaran yang ada di lingkungan siswa
F Menyebutkan ciri-ciri yang khusus pada bangun datar segitiga, segi empat dan lingkaran.
F Menyebutkan jumlah sisi pada bangun datar segitiga, segiempat dan lingkaran.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke empat  3  x 35 menit.  (  B Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui contoh yang disampaikan guru, siswa meniru mengucapkan kalimat permohonan ijin. ( Pa, permios wangsul ti payun abdi rieut, dll)
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui cerita guru, siswa termotivasi untuk menceritakan benda/ kegiatan yang tidak disukai.
F Menyampaikan secara lisan alasan benda tersebut tidak disukai.
F Bertanya jawab tentang benda / kegiatan yang tidak disukai.
F Membuat gambar  bangun datar  yang termasuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
F Mencari contoh-contoh benda yang permukaannya termasuk bangun datar segitiga, segiempat, dan lingkaran yang ada di lingkungan siswa
F Menyebutkan ciri-ciri yang khusus pada bangun datar segitiga, segi empat dan lingkaran.
F Menyebutkan jumlah sisi pada bangun datar segitiga, segiempat dan lingkaran.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke lima  3 x 35 menit ( Matematika, B Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melakukan permainan untuk melatih kecapatan dalam mengelompokan benda-benda yang termasuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
F Membuat gambar bangun datar segitiga berbagai ukuran dengan bentuk yang benar.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memberi warna atau tempelan kertas warna yang menarik.
F Memajang hasil karya di depan kelas.
F Memberikan tanggapan positif terhadap karya siswa lain.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke enam  4 x 35 menit  (IPS, Seni Budaya dan Keterampilan, B. Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memberikan tanggapan positif terhadap penampilan siswa lain dengan memberikan tepuk tangan.
F Mendengarkan sebuah dongeng yang dibacakan guru.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui diskusi sederhana siswa menjelaskan akibat tidak menjaga kebersihan di dalam rumah.
F Menyebutkan jenis penyakit yang ditimbulkan dari tidak bersihnya rumah.
F Menuliskan nama-nama penyakit yang dapat menyerang karean lingkungan rumah yang tidak bersih.
F Menciptakan gerakan tarian secara perorangan dengan diiringi musik atau nyanyian.
F Menampilkan gerakan tarian pendek secara perorangan.
F Menyebutkan nama tokoh-tokoh yang berperan dalam dongeng tersebut.
F Melakukan pembagian peran untuk tiap kelompok.
F Bermain peran dengan percaya diri sesuai dengan tokoh yang dibawakannya.
F Menampilkan cerita dongeng dengan peran masing-masing.
F Memberikan tanggapan positif bagi kelompok yang bermain dengan baik.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Minggu ke 2
      Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengumpulkan informasi dari koran tentang bencana yang ditimbulkan pada musim hujan dan musim kemarau.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan peristiwa yang terjadi akibat dari musim hujan dan musim kemarau.
F Menyebutkan usaha /kegiatan yang dapat mengatasi masalah atau peristiwa yang terjadi pada musim hujan atau musim kemarau.
F Melalui tanya jawab, siswa menjelaskan akibat tidak patuh pada peraturan yang berlaku.
F Menyebutkan akibat tidak patuh pada pereturan di rumah.
F Menyebutkan akibat tidak patuh pada peraturan yang berlaku di lingkungan masyarakat.
F Mengerjakan tugas/ mengisi latihan soal.
F Menyelidiki berbagai bangun datar dengan cara menjiplak berbagai bentuk bangun datar.
F Membuat jiplakan pada garis putus-putus, kemudian menghubungkannya agar membentuk bangun datar.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan tek/wacana yang telah disediakan.
F Membaca wacana tersebut dengan suara nyaring
F Melalui penjelasan guru siswa mengetahui tempat
F Menjelaskan bahwa tanda titik biasa dipakai pada kalimat berita 
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memperagakan tanda jeda panjang dan pendek
F Membaca sebuah teks dengan memperhatikan tanda jeda panjang dan jeda pendek dengan benar.
F Menggunkan tanda baca titik, tanda tanya, pada kalimat sederhana
F Menerangkan bahwa tanda tanya biasa disimpan pada kalimat tanya ( pertanyaan).
F Melalui diskusi sederhana siswa menjelaskan akibat tidak menjaga kebersihan di dalam rumah.
F Menyebutkan jenis penyakit yang ditimbulkan dari tidak bersihnya rumah.
F Menuliskan nama-nama penyakit yang dapat menyerang karean lingkungan rumah yang tidak bersih.
F Menarik garis mulai dari tanda-tanda titik yang telah ditentukan sehingga membentuk bangun datar.
F Membuat gambar segitiga dan segiempat pada kertas berpetak.
F Memberi warna yang menarik.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke tiga  3 x 35 menit ( IPA, Bahasa Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui diskusi sederhana siswa menjelaskan kegiatan yang dapat mengatasi bencana alam yang sering terjadi pada musim kemarau dan pada musim hujuan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengerjakan Lembar Kerja Siswa secara berkelompok.
F Melaporkan hasil diskusi.
F Memperhatikan teks penggalam cerita yang telah tersedia.
F Membaca teks penggalan cerita tersebut dengan suara nyaring
F Membaca penggalan cerita  dengan memperhatikan intonasi dan pelafalan dengan benar.
F Membaca penggalan cerita secara  klasikal, kelompok, maupun individual
F Memperhatikan berbagai bentuk bangun datar  yang diperlihatkan guru.
F Menyebutkan kelompok bangun datar yang termasuk segitiga
F Menuliskan kelompok bangun datar yang termasuk segiempat.
F Mengerjakan Lembar kerja Siswa secara individual.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke empat  3  x 35 menit.  (B. Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru siswa mengetahui kata tertentu sesuai dengan konteksnya           ( sesuai tema )
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mencari arti kata-kata tertentu dengan menggunakan bahasa sendiri.
F Membaca wacana  dengan memperhatikan intonasi dan lafal yang tepat.
F Membuat gambar segitiga dan segiempat pada kertas berpetak.
F Menarik garis mulai dari tanda-tanda titik yang telah ditentukan sehingga  membentuk bangun datar menggunakan penggaris.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke lima  3 x 35 menit ( Matematika, Bahasa  Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan beberapa kalimat yang disediakan guru pada  papan tulis
F Mewarnai gambar bangun datar yang termasuk segitiga dengan warna merah, segi empat dengan warna biru, dan lingkaran dengan warna kuning.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyusun dan menggabungkan beberapa bangun datar menjadi sebuah bentuk binatang. Atau benda lain.
F Menuliskan dengan cara tatap tulis dari kalimat-kalimat yang disediakan guru ke dalam tulisan tegak bersambung .
F Melalui bimbingan guru, siswa berlatih menulis tegak bersambung  yang benar dengan memperhatikan  huruf kapital yang tepat.
F Menuliskan seluruh kalimat dari papan tulis ke dalam buku tulis dengan tulisan lepas.
F Berlatih dengan bimbingan guru menulis huruf  lepas dengan bentuk huruf yang benar.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke enam  4 x  35 menit  (IPS, Seni Budaya dan Keterampilan, 
      Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak  kalimat yang didiktekan guru
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui diskusi sederhana siswa menjelaskan akibat tidak menjaga kebersihan di lingkungan luar  rumah.
F Menyebutkan jenis penyakit yang ditimbulkan dari tidak bersihnya lingkungan  rumah.
F Menuliskan nama-nama penyakit yang dapat menyerang karean lingkungan rumah yang tidak bersih.
F Memeragakan gerakan tarian karya sendiri ( kelompok) di depan kelompok lain..
F Memperagakan suatu tarian  yang sudah dipelajari secara berkelompok.
F Menampilkan tarian diiringi musik atau nyanyian.
F Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan tulisan tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf besar dan tanda baca.
F Membaca tulisan sendiri dari kalimat-kalimat yang telah didiktekan agar dapat diperbaiki jika ada kesalahan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C.  Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas

V.  Alat dan Sumber Belajar
  • Buku Sumber :
F Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Buku tematik PT. TEKINDO UTAMA
F Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Buku tematik PT. TEKINDO UTAMA
F Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Buku tematik PT. TEKINDO UTAMA
F Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Buku tematik PT. TEKINDO UTAMA.
F Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Buku tematik PT. TEKINDO UTAMA
F Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Buku tematik PT. TEKINDO UTAMA.
F Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Buku tematik PT. TEKINDO UTAMA.
·         Alat Peraga  :
F Gambar rumah sehat dan tidak sehat.
F Gambar bangun datar
F Guntingan karton yang berbentuk segitga, segiempat, lingkaran.
F Gambar peristiwa banjir dan kekeringan

VI.    Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
·   Disiplin,
·   Kerja keras
·   Kreatif,
·   Demokratif
·   Rasa Ingin tahu,
·   Cinta tanah air,
·   Bersahabat,
·   Menghargai prestasi,
·   Gemar membaca,
·   Peduli lingkungan,
·   Peduli sosial,
·   Tanggung jawab.
1.      IPS :
·         Menjelaskan manfaat menjaga kebersihan rumah
·         Menyebutkan akibat dari tidak menjaga kebersihan.
2.      IPA :
·         Menceritakan pakaian yang sesuai pada musim panas dan musim hujan.
·         Menyebutkan jenis makanan yang banyak dikonsumsi pada saat musim hujan maupun musim kemarau.
·         Membandingkan cirri-ciri musim kemarau dan musim hujan pada lahan dan kegiatan manusia.
·         Menyebutkan kegiatan yang dapat mengatasi masalah pada musim hujan dan musim kemarau..
3.      PKn :
·         Menyebutkan manfaat mentaati peraturan yang berlaku di masyarakat
·         Menjelaskan akibat tidak patuh  pada peraturan di lingkungan masyarakat.
4.      Matematika :
·         Menunjukkan benda-benda yang secara geometris berbentuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
·         Menyebutkan cirri-ciri segitiga, segiempat, dan lingkaran ditinjau dari banyak sisinya.
·         Menjiplak berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran.
·         Mengelompokkan berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran, menurut bentuk, permukaan, warna, atau cirri lainnya.
5.      Bahasa Indonesia :
·         Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru dengan penuh perhatian.
·         Menyebutkan tokoh dalam dongeng
·         Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
·         Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng.
·         Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri.
·         Membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
·         Bertanya jawab dengan teman tentang gambar –gambar tersebut.
·         Melakukan percakapan/dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan teman dengan bimbingan guru.
·         Mengungkapkan dalam satu atau dua kalimat perasaan suka atau tidak suka pada benda atau  suatu kegiatan.
·         Memberikan alas an mengapa suatu benda atau kegiatan disukai atau tidak disukai.
·         Bermain peran dengan percaya diri sesuai tokoh yang dibawakannya.
·         Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·         Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
·         Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
·          Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·         Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·         Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·         Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
6.      Seni Budaya dan Keterampilan. :
·         Menunjukkan kesesuaian gerak antar sesama penari dengan iringan musik.
·         Melakukan gerakan tari dengan iringan tepukan / hitungan
·         Melakukan gerakan tari dengan musik/nyanyian.
·         Melakukan tarian pendek secara perorangan.
·         Memperagakan tarian pendek secara kelompok.


Tes lisan Tes tertulis


Uraian
isian
1.      IPS :
·         Jelaskan manfaat menjaga kebersihan rumah
·         Sebutkan akibat dari tidak menjaga kebersihan.
2.      IPA :
·         Ceritakan pakaian yang sesuai pada musim panas dan musim hujan.
·         Sebutkan jenis makanan yang banyak dikonsumsi pada saat musim hujan maupun musim kemarau.
·         Bandingkan cirri-ciri musim kemarau dan musim hujan pada lahan dan kegiatan manusia.
·         Sebutkan kegiatan yang dapat mengatasi masalah pada musim hujan dan musim kemarau..
3.      PKn :
·         Sebutkan manfaat mentaati peraturan yang berlaku di masyarakat
·         Jelaskan akibat tidak patuh  pada peraturan di lingkungan masyarakat.
4.      Matematika :
·         Tunjukkan benda-benda yang secara geometris berbentuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
·         Sebutkan cirri-ciri segitiga, segiempat, dan lingkaran ditinjau dari banyak sisinya.
·         Bagaimana cara Menjiplak berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran.
·         Kelompokkan berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran, menurut bentuk, permukaan, warna, atau cirri lainnya.
5.      Bahasa Indonesia :
·         Sebutkan tokoh dalam dongeng
·         Jelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
·         Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng adalah .....................
·         Ceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri.
·         Buatkanlah  kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
·         Lakukanlah percakapan/dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan teman dengan bimbingan guru.
·         Kungkapkan dalam satu atau dua kalimat perasaan suka atau tidak suka pada benda atau  suatu kegiatan.
·         Memberikan alasan mengapa suatu benda atau kegiatan disukai atau tidak disukai..............
·         Bagaimana cara Bermain peran dengan percaya diri sesuai tokoh yang dibawakannya.
·         Bacakanlah teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·         Bacakanlah dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
·         Bacakanlah penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
·         Bacakanlah denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·         Bagaimana cara Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·         Bagaimana cara Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·         Tuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
6.      Seni Budaya dan Keterampilan. :
·         Tunjukkan kesesuaian gerak antar sesama penari dengan iringan musik.
·         Lakukanlah gerakan tari dengan iringan tepukan / hitungan
·         Lakukanlah gerakan tari dengan musik/nyanyian.
·         Lakukanlah tarian pendek secara perorangan.
·         Peragakanlah tarian pendek secara kelompok.

·         LKS
·         Lmbar observasi.


I. Kriteria Penilaian      
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
 2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1
 3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.









  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.



Mengetahui,
Kepala SDN ............................



...................................
NIP : .............................

..........................................., 2012
Guru Kelas I



...................................
NIP : ............................

No comments:

Post a Comment